Seberapa Pentingkah Memberi Nama Produk ?

Apakah yang dimaksudkan dengan Nama Produk? Nama Produk adalah identitas sebuah produk alias tanda pengenal produk yang membedakannya dari produk lain. Selayaknya kita memiliki KTP sebagai tanda pengenal diri, salah satunya adalah unsur pasfoto yang harus terpampang nyata.

Demikian pula dengan Nama Produk, secara signifikan harus mencerminkan semua karakter dan manfaat yang ada dalam produk tersebut. 

Nama Produk menjadi sebuah awalan dari sebuah pesona yang akan terus dijaga dan selalu dicintai, karena hanya “nama produk” yang akan berjuang untuk melindungi eksistensi produk kita selamanya.

Langkah awal saat membuat Nama Produk yang harus Anda lakukan :

  1. Nama Produk belum pernah dipakai. Cara mudah untuk tahu nama produk tersebut sudah pernah dipakai atau tidak adalah menggunakan mesin pencari Google.  Untuk lebih meyakinkan lagi, cari informasi di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual.
  2. Buat Nama Produk yang UNIK. Nama Produk yang UNIK biasanya mampu bertahan lama dan tidak mudah tergeser oleh produk serupa karena berhasil menciptakan Brand Awareness yang sangat kuat.
  3. Nama Produk harus mudah diingat dan mudah diucapkan. Produk yang mudah diingat dan mudah diucapkan secara tidak langsung akan membantu proses pemasaran. 
  4. Nama Produk menggambarkan bisnis yang dijalankan.  Kesesuaian Nama Produk terhadap target konsumen akan sangat membantu dalam hal strategi pemasaran nantinya. Akan sangat sulit dan rancu proses pemasaran sebuah produk jika nama produk nya tidak sesuai, misalnya menamakan produk “Aqua” padahal yang dijual adalah produk pakaian anak.
  5. Nama Produk harus bermakna POSITIF.  Sebuah nama layaknya adalah sebuah DOA, tentunya memiliki nilai-nilai positif sesuai makna yang terkandung di dalam filosofi-nya.

Jangan terburu-buru dalam membuat Nama Produk, bijaklah dengan mengawalinya dengan memahami ke-5 tips di atas. Buatlah riset sesuai target market produk Anda, perbanyak googling dan bertukar pikiran dengan ahli-nya, sebelum memutuskan sebuah NAMA yang tepat untuk PRODUK Anda. (#satuide02102020)

Recent Articles

Para HR Perusahaan, jangan sembarangan rekrut pekerja

Dunia usaha saat ini menuntut ketersediaan sumber daya manusia yang mumpuni & kreatif, alias KOMPETEN . SDM yang KOMPETEN sangat dirindukan oleh...

Manfaat Website Untuk Bisnis Anda

Berdasarkan data dari Google untuk pelaku UKM tahun 2019 bahwa kurang dari 30% bisnis di Indonesia yang sudah memiliki situs website sendiri,...

Apa Perbedaan Antara “Digital Marketing” dan “Online”?

"Digital Marketing" dan "Marketing online" adalah istilah yang sering membingungkan dan disalahgunakan. Bagi Anda yang bekerja di industri, terkadang bingung dan bertanya-tanya,...

Bagaimana YOUTUBE Dapat Membantu Bisnis Anda?

Segeralah mulai membuat kanal dan video produk/jasa yang Anda miliki dan up-load! Anda pasti akan mendapatkan hal-hal berikut :

Perbedaan Marketing Lawas versus Marketing Kekinian

Marketing Lawasiklan koran,flyer, brosur, dsbnya...iklan radio, tvBanner & balihoMarketing KekinianWebsiteMedia Social (FB-IG-LINE, dsbnya...)Vlog/BlogSEOSearch Engine MachineEmail Marketing Jika dulu...

Related Stories