Begitu banyak bermunculan produk-produk dan brand baru karena dunia usaha saat ini memaksa kita untuk bisa menjadi yang terbaik, merebut hati konsumen. Salah satu upaya untuk menyentuh hati konsumen dan melirik produk dan brand kita adalah membuatnya menjadi UNIK.
Menjadi UNIK, sangatlah menarik, daripada sekedar bersaing di sisi harga atau hanya koar-koar tentang kualitas. Menjadi UNIK akan lebih menyentuh alam bawah sadar konsumen dan memaksa mereka mencari tahu lebih banyak tentang produk dan brand kita.
Beberapa hal berikut ini bisa menjadi pertimbangan untuk membuat produk dan brand kita menjadi UNIK :
- Punya kelebihan tersendiri. Bukan sekedar follower, tiru-tiru, copas sesuatu yang sedang dibahas, yang sedang trending, sedang viral, tetapi berhasil mengedepankan sesuatu yang memang dicari konsumen.
- Ada cerita (philosophy) dibalik produk/brand. Cerita menarik dan menyentuh hati konsumen di saat tengah mencari produk dan brand yang tepat sungguhlah sebuah upaya membangun “pencitraan” yang positif. Terlepas dari cerita yang disajikan adalah benar atau hanya sekedar “upa-upa”, konsumen tentunya tidak perlu tahu.
- Punya nilai tambah. Produk dan brand harus memiliki nilai tambah dari sisi faedah bagi konsumen, sesuatu yang memang sedang dan bahkan selalu dipikirkan oleh konsumen kita.
- Peduli sosial. Kepedulian terhadap sekitar menjadikan produk dan brand kita mudah melekat di hati konsumen, walaupun sulit untuk memahami semua keinginan, hati yang peduli akan menjadikannya sesuatu.
- Jadilah produk dan brand yang JUJUR APA ADANYA. Menjadi jujur memang sesuatu yang langka dalam dunia usaha, tetapi jika Anda melakukannya, maka niscaya produk dan brand Anda akan tetap dikenal dan dikenang semua orang.
Jadilah UNIK, bukan sembarang produk dan brand, bukan sekedar muncul untuk kemudian hilang tanpa jejak. Ukirlah jejak digital Anda, jadilah LEGENDA. (#satuide01102020)