Apa Perbedaan Antara “Digital Marketing” dan “Online”?

“Digital Marketing” dan “Marketing online” adalah istilah yang sering membingungkan dan disalahgunakan. Bagi Anda yang bekerja di industri, terkadang bingung dan bertanya-tanya, apakah menggunakan istilah “online” atau “digital” ?

Dengan mengetahui perbedaan antara “Digital Marketing” dan “Marketing online” maka dapat membantu Anda dalam membentuk strategi pemasaran secara keseluruhan. Hal ini juga dapat membantu Anda menganalisa strategi Anda saat ini dengan mengkategorikan jenis pemasaran mana yang gagal mencapai targetnya. Apakah Anda membuat inisiatif jangka panjang yang berkelanjutan yang akan membuahkan hasil secara konsisten atau Anda hanya bermain-main dengan masing-masing upaya penjangkauan Anda?

Istilah “Digital Marketing” mengacu pada penggunaan channel, perangkat, dan platform digital (terlepas dari apakah mereka online atau tidak) untuk membangun atau mempromosikan pesan pemasaran Anda. Dengan kata lain, dengan Digital Marketing, Anda tidak membatasi diri untuk harus melulu menggunakan internet. Dengan cara ini, Digital Marketing dapat berfungsi sebagai istilah ‘payung’ karena mencakup banyak teknik marketing yang akan digunakan.

Misalnya, jika Anda ingin mengunduh ‘Temple Run 2’ di ponsel Anda, Anda melakukannya dengan menggunakan internet, karena aplikasi itu dibuat untuk diaktivasi melalui internet juga. Namun, ketika Anda mulai menggunakannya di ponsel Anda, aplikasi ini bekerja secara independen dan tidak lagi membutuhkan internet (kecuali untuk aksi-aksi tertentu), inilah yang disebut sebagai bentuk Digital Marketing.

Contoh lain, katakanlah Anda menjalankan kampanye seluler promosi produk/jasa Anda, Anda  mengirim SMS ke pelanggan Anda yang menawarkan promosi mendatang dari bisnis Anda. Sekali lagi, teknologi digunakan untuk membuat dan mengirim pesan, tetapi tidak perlu koneksi internet langsung bagi pengguna Anda untuk menerimanya.

Bisa dibilang selama teknologi terus berkembang, begitu pula akan terus berkembangnya Digital Marketing. Anda juga bisa mengatakan bahwa apa pun yang memiliki dasar digital dapat dianggap sebagai Digital Marketing.  Dan saat ini Anda punya banyak strategi yang bisa dipilih , misalnya :

– Games

– Konten marketing

– Video marketing

– Mobile marketing (kampanye teks SMS)

– Iklan TV

Digital Marketing juga dapat merujuk ke iklan offline pada perangkat digital. Dalam hal ini, Anda dapat meluncurkan iklan dengan perusahaan kabel lokal (iklan offline) dan menampilkan iklan di TV (perangkat digital). (#satuide14102020)

Recent Articles

Para HR Perusahaan, jangan sembarangan rekrut pekerja

Dunia usaha saat ini menuntut ketersediaan sumber daya manusia yang mumpuni & kreatif, alias KOMPETEN . SDM yang KOMPETEN sangat dirindukan oleh...

Manfaat Website Untuk Bisnis Anda

Berdasarkan data dari Google untuk pelaku UKM tahun 2019 bahwa kurang dari 30% bisnis di Indonesia yang sudah memiliki situs website sendiri,...

Apa Perbedaan Antara “Digital Marketing” dan “Online”?

"Digital Marketing" dan "Marketing online" adalah istilah yang sering membingungkan dan disalahgunakan. Bagi Anda yang bekerja di industri, terkadang bingung dan bertanya-tanya,...

Bagaimana YOUTUBE Dapat Membantu Bisnis Anda?

Segeralah mulai membuat kanal dan video produk/jasa yang Anda miliki dan up-load! Anda pasti akan mendapatkan hal-hal berikut :

Perbedaan Marketing Lawas versus Marketing Kekinian

Marketing Lawasiklan koran,flyer, brosur, dsbnya...iklan radio, tvBanner & balihoMarketing KekinianWebsiteMedia Social (FB-IG-LINE, dsbnya...)Vlog/BlogSEOSearch Engine MachineEmail Marketing Jika dulu...

Related Stories